Wednesday, October 8, 2014

Orange Days (2004)


Orange Days (2004)







Satu tahun delapan bulan yang lalu, ketika aku menonton dorama ini, aku langsung pending begitu selesai menonton episode perdananya. Kebetulan kala itu aku lebih suka genre detektif ketimbang genre lainnya dan agak sukar beradaptasi dengan genre pure romance. Apalagi melihat karakter Sae yang begitu menyebalkan di episode pertama, membuatku tambah malas menontonnya. Tapi anehnya aku sama sekali nggak pengen drop menontonnya. Dan akhirnya setelah jeda yang sangat panjang ini, aku mencoba untuk menonton dorama ini lagi. Dan ini karena faktor Tsumabuki Satoshi-lah (gara-gara melihatnya sangat keren di Wakamonotachi) yang membuatku ingin melanjutkan dorama ini lagi.

Kai Yuuki (Satoshi Tsumabuki) yang mengambil jurusan psikologi kesejahteraan sosial sedang memasuki masa akhir kuliah dan sibuk mencari pekerjaan. Kai berteman akrab dengan Aida Shohei (Narimiya Hiroki), playboy kelas teri yang bekerja part time sebagai asisten fotografer dan Yashima Keita (Eita), yang selalu kurang beruntung dalam soal percintaan. Suatu hari, Kai bertemu dengan seorang gadis cantik yang sedang bermain biola di kampus. Gadis yang bernama Hagio Sae (Shibasaki Kou) tersebut lalu menatapnya dengan tajam dan kemudian mengulurkan tangannya pada Kai, meminta bayaran karena Kai telah mendengarnya bermain biola. Kai lalu memberinya sebuah jeruk yang didapatnya tadi pagi pada gadis tersebut.

Ternyata Sae seorang tuna rungu dan berkomunikasi melalui bahasa isyarat. Sae kehilangan pendengarannya empat tahun lalu dan sejak itu dia menutup diri pada siapa pun. Kai lalu bertemu dengan Sae lagi ketika dia menggantikan Keita yang seharusnya menjadi pasangan kencan buta Sae. Sejak pertemuan itulah, Kai dan Sae menjadi dekat. Bahkan Shohei, Keita dan Akane (Shiraishi Miho), teman dekat Sae pun menjalin keakraban bersama. Mereka lalu membentuk Orange Society dan memiliki sebuah diary bersama yang diberi nama Orange no Kai.

Tsumabuki Satoshi kakkoi banget disini #kyaaa.. Emang, sih dari dulu juga dia udah ganteng (Kayak waktu di KCE dan IWGP aja udah mencuri perhatian), tapi entah kenapa di dorama ini dia terlihat super duper charming. Dan aku juga suka dengan karakternya disini. Padahal biasanya aku kurang suka dengan karakter yang terlalu baik tapi entah kenapa ini malah suka dengan karakter Kai. Walaupun baik, tapi karakter baiknya masih masuk akal; kadang juga sebal dan marah. Ya, karakter yang ada di dorama ini memang terlihat wajar semua, nggak ada yang benar-benar baik atau jahat. Seperti Sae yang karakternya aku kurang suka di episode awal (dan menjadi salah satu alasan aku dulu malas melanjutkan menonton dorama ini), di episode lainnya malah aku suka. Sifatnya yang jutek, keras kepala, egois dan childish itu akibat masa lalunya juga sehingga kita akhirnya akan maklum. Itulah mengapa kadang dia bisa sangat menyebalkan tapi juga kadang teramat baik. Kai aja sampe sebel juga kadang liatnya (Nah loh.. benar kan karakter Kai itu masih wajar baiknya dan tentu aja bisa sebel dan marah juga). Dan aku juga kadang jadi ikutan sebel liat si Sae ini, hahaha.. Tapi memang seperti itulah kita, nggak mungkin baik terus atau jahat terus kan? Kalo di shitnetron, sih mungkin!

Karakter-karakter lainnya pun kadang juga bisa menyebalkan dan tak jarang malah menyenangkan. Shohei, yang biar pun jadi playboy kelas teri tapi juga punya sisi lain yang manis dan sayang pada adiknya, Ayumi (Ueno Juri). Lalu Akane yang baik dan selalu mensupport yang lain ternyata bisa juga merasa cemburu pada Sae. Keita yang kelihatan belum dewasa ternyata justru sangat berbesar hati. Ngomong-ngomong soal Keita, karakter seperti Keita ini pasti selalu ada dalam sebuah dorama/film bertema persahabatan. I mean, karakternya menjadi penghibur dan pasti selalu nggak beruntung dalam soal asmara. Tapi kalo nggak ada karakter seperti Keita ini justru malah terasa hambar ceritanya. Dan Eita memang cocok banget sebagai Keita. Nggak akan nyangka kalo si culun ini, 10 tahun kemudian bisa berperan jadi apa saja. Mungkinkah Hamasaki Mitsuo adalah akibat dari yang terjadi pada seorang Keita ketika masih muda? :)

Dan aku setuju banget kalo dorama ini dapat predikat Best Cast karena memang semua bermain dengan sangat baik dan pas dengan karakter yang mereka mainkan. Shibasaki Kou teruji aktingnya disini sebagai seorang gadis tuna rungu dan dia sukses memerankannya dengan sangat baik. Kalo aku nggak sebel liat karakter Sae, berarti dia gagal memerankan karakter tersebut. Okelah, sifat menyebalkan Sae tersebut akhirnya memang bisa ku maklumi, tapi ada satu hal yang aku benar-benar nggak suka dengan karakternya yaitu merokok. Keliatan jelek banget kayaknya kalo cewek merokok, in my opinion. Dan hal tersebut agak-agak menggangguku sebenarnya. Tsumabuki Satoshi juga tak kalah keren aktingnya (walaupun kebanyakan aku malah melototi tampangnya terus, hihihi..). Karakternya yang baik itu memang cocok banget sama wajahnya (loh?). Dan chemistry-nya dengan Kou superb abis. Senang kalo liat mereka berdua berbicara pake bahasa isyarat.

Narimiya Hiroki juga sukses memerankan karakter Shohei dengan sempurna. Cuma sedihnya, setelah itu kebanyakan dia dapat peran yang sejenis juga. Shiraishi Miho juga bagus aktingnya, tapi sekarang dia udah jarang banget main dorama, paling banter pun cuma jadi figuran doank. Sepertinya karena dapat peran yang sejenis juga jadinya kemampuan aktingnya nggak meningkat. Aku suka banget kalo udah scene dimana Shohei dan Akane bersama, terutama kalo udah sindir-sindiran, hahaha... Lalu Eita yang aktingnya juga oke punya, terutama kalo harus menampilkan tampang lugu dan kocak. Konishi Manami keren banget aktingnya di sini. Dan aku suka karakternya yang dewasa. Malah aku kasian juga sama karakter yang diperankannya; Takagi Maho, yang tersisihkan sejak kehadiran Sae. Ada juga si ganteng Kassy yang berperan sebagai Sano. Aktingnya sih so-so-lah karena perannya juga dikit. Tapi aku suka karakternya yang gentle. Tak ketinggalan Ueno Juri yang aktingnya udah keliatan bagus biarpun peran yang didapatkan nggak banyak. Oh, ya jangan lupakan akting keren dari tante Fubuki Jun yang berperan sebagai ibunya Sae.

Ya, ini adalah dorama bertabur bintang. Mungkin kala itu sebagian pemainnya belum menjadi bintang terkenal seperti sekarang, tapi sungguh menyenangkan melihat mereka bermain bersama di sini. Bahkan Jurippe saja cuma dapat peran yang kecil. Dan kayaknya ini kerjasama Jurippe dan Eita bareng untuk pertama kali. Tapi di sini mereka nggak pernah dipertemukan dalam satu frame. Padahal aku ngarepnya mereka dipasangkan jadi sepasang kekasih. Seingatku, sih mereka belum pernah jadi pasangan kekasih dalam dorama/film yang mereka bintangi bersama.

Bukan hanya karakter-karakternya saja yang memorable, tapi juga ceritanya yang bagus. Persahabatan, cinta, pekerjaan, masa depan menjadi tema yang diusung dalam dorama ini. Berhubung genrenya romance, memang kadar percintaannya sedikit lebih banyak dari hal lainnya. Walau begitu percintaannya pun bukan harus menggombal dengan kata 'I love You' dan sejenisnya. Aku yang kadang kurang bisa berkompromi dengan genre romance saja bisa takluk menonton dorama ini. Tapi yang paling membekas tentu saja friendship yang diusung dorama ini. Sedikit menyesal kenapa dulu nggak bikin diary bersama juga sewaktu kuliah. Ah, jadi kangen teman-teman kuliah gara-gara nonton dorama ini.

Akhirnya, aku cuma mau bilang kalo dorama ini keren dan harus ditonton! Buat yang susah nonton dorama romance kayak aku, mending cari mood yang tepat dulu daripada nggak dapat feelnya entar. Lumayan, gara-gara nonton dorama ini jadi tau sedikit-sedikit bahasa isyarat, hehehe..




***
Details
  • Title: オレンジデイズ
  • Title (English): Orange Days
  • Genre: Romance
  • Episodes: 11
  • Viewership ratings: 17.2%
  • Broadcast network: TBS
  • Broadcast period: 2004-Apr-11 to 2004-Jun-20
  • Air time: Sunday 21:00
  • Theme songs:
    • Ending song: Sign by Mr.Children
    • Insert song: Shanghai Honey by Orange Range
Cast

 Episode Titles:

  • Ep. 01: The Madonna Who Lost Her Voice
  • Ep. 02: The Beginning of Love
  • Ep. 03: Your Tears
  • Ep. 04: My Broken Heart
  • Ep. 05: An Evening of Secrets
  • Ep. 06: Her Love
  • Ep. 07: I Love You
  • Ep. 08: The Couple That is Bound Together
  • Ep. 09: A Sad Fate
  • Ep. 10: You Are Not Here  
  • Ep. 11: Your Voice
Awards

 ***Source: Dramawiki







No comments:

Post a Comment