Sunday, December 22, 2013

Pan to Soup to Neko Biyori (2013)


Pan to Soup to Neko Biyori (2013)









Pengen nonton ini dorama karena empat episode. Ternyata di luar ekspektasi, cukup asik dinikmati. Lagi-lagi jadi suka dengan drama WOWOW. Walau tanpa para pemain yang bertampang cakep atau idol, tapi dorama WOWOW bagus-bagus. Para pemainnya pun rata-rata udah berumur. Tapi soal akting nggak usah diragukan lagi. Begitu juga dengan dorama berjudul Pan to Soup to Neko Biyori ini. Pemain utamanya bahkan aku nggak pernah nonton doramanya. Yang ku kenal justru para pemain pendukungnya.

Dorama ini bercerita tentang seorang editor wanita yang berumur sekitar 40 tahunan, Akiko (Kobayashi Satomi). Akiko tinggal bersama ibunya yang membuka restoran. Tiba-tiba Akiko mendapat kabar bahwa sang ibu meninggal dunia. Restoran milik ibunya tersebut akhirnya ditutup permanen. Banyak konsumen yang kecewa. Salah satu tetangga Akiko yang dipanggil dengan panggilan Mama (Motai Masako) yang juga membuka cafe di dekat restoran tersebut, menyesalkan tutupnya restoran tersebut. Beda, ya dengan orang-orang di sini, dimana malah saling iri kalo buka usaha dekat-dekatan gitu! Mama ini orangnya cukup annoying tapi sebenarnya baik hati dan perhatian, begitu kata waitress yang bekerja di cafenya, Yuki (Minami). 

Aki akhirnya curhat pada Yamaguchi-sensei (Kishi Keiko) - penulis buku dimana Aki sebagai editornya dan mereka telah lama bekerja sama - tentang restoran tersebut. Yamaguchi-sensei lalu mengusulkan supaya Aki meneruskan usaha restoran tersebut begitu mencicipi sandwich buatan Aki yang enak. Usul itu juga diajukan oleh Mama dan kedua teman Aki, Yamada (Mitsuishi Ken) dan Suda (Shiomi Sansei). Akhirnya dengan pertimbangan matang, Aki merenovasi restoran tersebut dan membukanya kembali. Aki lalu membuka lowongan waitress dan terpilihlah Shima (Kana). Restoran baru tersebut hanya menyajikan dua item yaitu sandwich dan sup.
Pan to Soup to Neko Biyori ini cukup enjoyable untuk ditonton. Aku suka interaksi orang-orangnya, suka pemandangannya, suka suasananya, suka shot-shot yang diambil karena keren-keren padahal cuma tempat biasa tapi angle-nya unik dan keren dan suka dengan kebersihan tempatnya. Kapan, ya di sini bisa kayak gitu? #nariknafaspanjang. Satu lagi yang ku suka adalah mereka, tuh ramah banget sama pelanggan, benar-benar pelanggan adalah raja dan dilayani dengan sepenuh hati. Kebalikan sama yang terjadi di sini!! Cerita yang disajikan di dorama ini dekat dengan kehidupan sehari-hari. Nggak ada karakter jahat sama sekali. Kalo annoying, ya wajarlah!

Karena judulnya aja udah ada kata 'roti, sup dan kucing', jelas dorama ini nyeritain soal tiga hal itu. Hubungan dengan kucingnya dimana? Ya, tonton aja, deh! Nah, soal sup dan roti yang jadi menu di restoran Aki tersebut, bikin ngiler liatnya. Jadi pengen bikin sandwich dan sup jagung! Di restoran milik Aki tersebut, para customer-nya unik-unik: ada wanita hamil; ibu yang over protected sama putrinya dan cuma ngasi sayuran organik buat sang putri; ibu, anak dan nenek yang kompak sampe pake acara foto-foto di restoran (Aku sering kayak gitu LOL!!); para pemain baseball cilik yang makan bareng; atau customer yang maunya cuma makan nasi.
Akting para customernya natural semua, seolah-olah mereka sedang makan beneran di restoran tanpa tahu bahwa mereka sedang dishot kamera. Begitu pun dengan akting para pemain utamanya. Kobayashi Satomi yang jadi Aki, sama sekali belum pernah ku tonton doramanya jadi nggak bisa komen banyak tapi aktingnya cukup bagus di sini. Sedangkan Mitsuishi Ken udah sering banget liat doramanya kayak Hungry!, Shikei Kijun, Mr. Brain, BOSS, Zeni Geba. Shiomi Sansei cuma liat doramanya di BOSS doank.  Motai Masako cuma liat di My Boss My Hero. Minami di Hanazakari no Kimitachi e Special (SP). Yang menarik perhatian adalah karakternya Shima yang diperankan oleh Kana. Pertama liat, kirain cowok abisnya tubuhnya bongsor tinggi gitu plus make baju kayak cowok, eh.. nggak taunya cewek tulen. Kana ini kayaknya aktris baru, deh soalnya doramanya dikit banget. Eh, nggak nyangka juga kalo dia umurnya udah 29 tahun. Selain itu ada juga Kase Ryo, Ichikawa Miwako dan Kishi Keiko.

Nonton dorama ini jadi bikin kita menghargai hidup dan membuat kita berani memilih jalan hidup kita sendiri sekaligus mewujudkan impian kita sendiri. Oh, ya, kucing yang dipelihara Aki, tuh mirip kucingku yang udah mati loh... hiks.. hiks..

 











***
Details
  • Drama: Bread and Soup and Cat Weather (literal title)
  • Romaji: Pan to Supu to Neko Biyori
  • Japanese: パンとスープとネコ日和
  • Network: WOWOW
  • Episodes: 4
  • Release Date: July 21 - August 11, 2013
  • Runtime: Sundays 22:00
  • Language: Japanese
  • Country: Japan

Cast

Notes

  • Based on the novel "Pan to Supu to Neko Biyori" by Yoko Mure (published April 15, 2012 by Kadokawa Haruki Corporation). 

***Source: AsianWiki











2 comments:

  1. Wakakakaka ternyata bukan gw satu2nya orang Indonesia yang udah namatin nih acara.
    Beda abis sama drama2 WOWOW yang biasanya temponya cepat dan menegangkan
    Gw harap WOWOW ngebikin variasi lebih banyak lagi selain drama2 trademark mereka yang serius dan digarap dengan hati2 dan detail itu

    Suka banget sama pengambilan gambar yang satu angle tapi lama ga pindah2, yang main musti natural tuh dan main improvisasi (directingnya pasti nggak banyak di adegan itu). Kucingnya juga ndut lucu hehehe (neko lover) dan setiap nonton ini pasti laper karena hidangannya keliatan enak abis

    Nice review sis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan semoga episodenya pun nggak banyak-banyak :D

      Udah nonton Haitatsu Saretai Watashitachi?? Itu juga pacenya lambat dan episodenya cuma 5

      Delete