Saturday, November 16, 2013

Keizoku 2: SPEC (2010)


Keizoku 2: SPEC (2010)









Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo membentuk divisi spesial yang bernama Mishou (Unidentified Crimes Unit) untuk memecahkan kasus-kasus sulit tanpa bukti, saksi atau melibatkan organisasi spesial dan tidak bisa dijelaskan secara ilmiah atau masuk akal. Kasus-kasus tersebut berada dalam lingkup Keizoku (First Investigative Division’s Unsolved Crimes Unit). Kepalanya adalah Nonomura Kotaro (Ryu Raita) dengan dua anak buahnya yang aneh bin unik namun memiliki skill dewa, Toma Saya (Toda Erika) dan Sebumi Takeru (Kase Ryo). Toma Saya adalah gadis muda yang jenius dengan IQ 201 yang pernah bekerja sebagai FBI di Amerika. Gayanya aneh dan terkesan asal-asalan dan selalu membawa serta kopornya yang berisi berbagai peralatan 'tempur'nya kemana pun. Tangan kirinya terluka karena suatu insiden sehingga harus terbalut gips. Sebumi Takeru, awalnya bertugas di SIT (Divisi anti teroris gitu) dan menjadi platoon leader di usianya yang masih muda. Karena suatu insiden yang melibatkan anggotanya, dia ditansfer ke Mishou. Sifatnya yang sangat serius bertolak belakang dengan Toma yang asal-asalan. Mereka berdua akhirnya bekerjasama memecahkan kasus-kasus tak terpecahkan yang berhubungan dengan SPEC.

Apa itu SPEC? SPEC di sini bisa diartikan sebagai kekuatan supernatural yang dimiliki oleh orang-orang tertentu saja. Orang-orang dengan kemampuan SPEC tersebut memiliki kekuatan yang berbeda-beda seperti membaca pikiran orang lain, telekinesis, meramal masa depan, dan lainnya. Jika kekuatan tersebut disalahgunakan, akan membahayakan banyak nyawa. Salah satunya seperti yang dilakukan Ninomae Juuchi (Kamiki Ryunosuke), seorang remaja laki-laki yang mempunyai kemampuan menghentikan waktu. Ninomae inilah yang sering mengganggu jalannya penyelidikan Toma dan Sebumi dalam kasus-kasus SPEC yang mereka tangani. Ninomae juga menyebabkan Toma harus menggunakan gips di tangan kirinya. Keberadaan Ninomae merupakan misteri dan kemunculannya biasanya di saat-saat terakhir, dimana identitas orang-orang yang mempunyai SPEC telah ketahuan.

Episode perdana dorama ini biasa aja. Bahkan sampe beberapa episode dorama ini masih terasa belum begitu menarik. Yang membuatku tertarik untuk melanjutkan menontonnya karena para karakternya yang unik-unik. Yang paling keren tentunya karakter Toma yang unik abis. Akting Toda mantap banget. Dengan karakter Toma yang serampangan, slengean, dan gayanya nyentrik bikin geleng-geleng kepala ngeliatnya. Trus, kalo udah mulai ada penerangan untuk mecahin kasus, nulis clue-clue-nya di kertas pake tinta lalu kertasnya disobek-sobek, dilempar-lemparin ke atas. Abis itu kalo udah tau siapa pelakunya, selalu bilang "itadakimashita". Toma ini juga suka banget makan dan favoritnya adalah gyoza dengan garlic yang banyak sehingga mulutnya selalu bau bawang. Tapi Sebumi malah menyebutkan deaf taste karena selera makannya yang aneh. Aktingnya Toda keren abis, deh!. Segala adegan aneh bin unik dilakoninya dengan sangat baik. Nggak sia-sia akting Toda disini membuahkan hasil sebagai Best Actress. Semakin salut liat aktris yang satu ini, padahal dulu sempat nggak suka waktu jadi Misa-Misa di Death Note dan Nao di Liar Game. Di dorama ini, Toda hanya memakai make-up super tipis nyaris seperti tanpa make-up untuk perannya sebagai Toma.

Partnernya Sebumi juga nggak kalah anehnya dari Toma. Serius, sopan dan nggak pernah senyum sama sekali. Toma sering banget menjahilinya sehingga kepala Toma selalu jadi sasaran bogem Sebumi (jangan ditiru, ya!). Kalo Toma selalu bawa koper, Sebumi selalu bawa kantong kertas gitu. Kase Ryo juga memerankan karakter Sebumi dengan sangat baik sehingga karakter serius Sebumi justru menjadi sangat menarik. Kase Ryo yang pertama kali aku kenal lewat karakter Mayama di Honey and Clover Live Action Movie ini, merupakan salah satu aktor yang lebih sering tampil di film ketimbang dorama. Doramanya yang ku tonton baru ini doank, kebanyakan aku nonton filmnya, sih!. Nah, hubungan Toma dan Sebumi inilah yang menjadi salah satu daya tarik dorama ini. Dengan sifat saling bertolak belakangan, sering berantem dan saling ejek, tapi sebenarnya mereka saling perhatian satu sama lain. Chemistry antara Ryo dengan Toda di sini bagus sekali, tapi jangan berharap bakalan ada romancenya karena hubungan mereka lebih seperti kakak adik.

Yang nggak kalah lucu dan unik lainnya adalah karakter boss Toma dan Sebumi, Nonomura yang diperankan oleh aktor gaek Ryu Raita. Nonomura ini fine-fine aja punya dua anak buah yang aneh bin unik gitu. Hubungan ketiganya jadi menarik dan lucu. Nonomura paling patuh (lebih tepatnya takut) pada Miyabi, polisi muda yang juga selingkuhannya di kepolisian. Miyabi yang diperankan oleh Arimura Kasumi ini karakternya rada tsundere dan suka ngerjain Nonomura. Arimura Kasumi malah aku liat duluan aktingnya di Starman - Kono Hoshi no Koi. Aktingnya cukup bagus juga di sini walaupun munculnya sesekali aja.

Karakter lainnya yang turut mewarnai dorama ini adalah Chii Satoshi yang merupakan pacar Toma (kata Toma, sih mantan). Pasti pada nggak nyangka, kan kalo seorang Toma yang serampangan gitu punya pacar, ganteng dan pintar pulak? Ya, begitulah yang ku pikirkan! Apalagi hubungan keduanya juga unik. Tapi akhirnya terbongkarlah rahasia kenapa Toma bisa pacaran sama Chii di episode-episode terakhir dan itu sempat bikin aku merasa ketipu mentah-mentah #mukulmeja. Karakter Chii diperankan oleh Shirota Yu. Kemunculannya memang nggak begitu banyak, tapi punya peran yang penting di sini. Lalu ada juga Shimura Misuzu yang merupakan adik dari salah satu anggota Sebumi yang tertembak dan saat ini masih dalam keadaan koma. Shimura ini juga mempunyai SPEC. Fukuda Saki yang jadi Shimura ini pertama kali kenal lewat perannya sebagai Sawada Kotone di Daisuki!!. Selain itu ada juga karakter misterius Tsuda Sukehiro yang sepertinya juga punya SPEC. Karakter Tsude diperankan oleh Shiina Kippei (Code Blue 2). Trus ada juga karakter mirip paranormal gitu, Reizei Toshiaki yang diperankan oleh Tanaka Tetsushi (Tsumi to Batsu). Tapi yang paling menarik perhatian adalah karakter Ninomae yang diperankan oleh Kamiki Ryunosuke. Karakternya super duper menyebalkan. Apalagi kalo udah ketawa, sinis abis. Dia paling benci sama Toma sehingga sering banget membuat Toma kewalahan dengan kejahilan yang dilakukannya.

Untuk kasus-kasusnya tentu saja berhubungan dengan SPEC dan mungkin rada nggak masuk akal. Setiap episodenya menampilkan kasus yang berbeda seperti halnya dorama detektif lainnya, tapi kasusnya masih saling berhubungan. Dan untuk beberapa episode akhir, ceritanya menjadi bersambung. Dan endingnya pun khas dorama sekali, gantung!! Tanda tanya besar selama ini, kenapa begini kenapa begitu, memang sebagian terjawab di ending, tapi sebagian lagi masih menyisakan tanda tanya besar. Di akhir credit, Toma berbicara seperti ini ”I’m never going to do a movie”, tapi nyatanya dorama ini malah membuat SP dan movie. Ya, sepertinya teka-teki besarnya akan terjawab di SP atau movienya. Aku sedang dalam proses menonton SP dan movienya, nih! Tapi yang pasti, sih aku ketipu mentah-mentah tentang villain-nya. Sumpah, nggak ada bayangan sama sekali kalo si X itu adalah sang villain. Akh.. don’t judge the book by its cover itu memang benar adanya.











***

Details

  • Title: ケイゾク 2: SPEC
  • Title (romaji): Keizoku 2: SPEC
  • Tagline: 警視庁公安部 公安第五課未詳事件特別対策係事件簿/Keishichou Kouanbu Kouan Daigoka Mishou Jiken Tokubetsu Taisakugakari Jikenbo
  • Format: Renzoku
  • Genre: Mystery
  • Episodes: 10
  • Viewership ratings:
  • Broadcast network: TBS
  • Broadcast period: 2010-Oct-08 to 2010-Dec-17
  • Air time: Friday 22.00
  • Theme song: THE RICECOOKERS: NAMIno YUKUSAKI

Cast

Guests
Recognition







No comments:

Post a Comment