Friday, November 1, 2013

Haken no Hinkaku (2007)


Haken no Hinkaku (2007)









Etto.. Bisa dibilang nonton dorama ini iseng-iseng berhadiah. Nande? Ya, awalnya cuma iseng aja nyari dorama komedi, direkomen dorama ini, eh.. nggak taunya keren ceritanya. Dorama yang berjudul Haken no Hinkaku ini sedikit mengingatkan pada Kaseifu no Mita dengan sosok seorang wanita serba bisa. Hmm.. berarti Kaseifu no Mita terinspirasi dari dorama ini kayaknya.. Yang menarik adalah temanya tentang kerja di kantoran, tepatnya antara pekerja full time dengan pekerja outsourcing/kontrak yang dalam dorama ini disebut Haken, berasal dari agency Haken Life yang menyediakan jasa outsourcing untuk bekerja selama minimal 3 bulan di sebuah perusahaan. Jika bagus, kontrak diperpanjang. Tapi jika dalam masa training 3 bulan, si Haken mengundurkan diri atau dipecat, maka agency merugi dan wajib mengganti rugi ke perusahaan atau mencari pengganti baru.

Mori Miyuki (Kato Ai) adalah salah satu orang yang memakai jasa Haken karena kesulitan mendapat kerja. Sayangnya, Mori nggak punya skill sama sekali dan nol pengalaman kerja, sehingga Hitotsugi Shinya (Yasuda Ken), sang agen dari agency Haken Life tersebut jadi kesulitan mencarikannya pekerjaan. Ternyata dewi fortuna berpihak sedikit baik pada Mori. Seorang Haken yang bekerja di perusahaan manufaktur makanan S&F minta resign lantaran disuruh-suruh buat melakukan pekerjaan yang nggak seharusnya dilakukan karyawan, misalnya disuruh beli makanan. Mori pun mengajukan diri untuk menggantikannya, itu pun dengan sedikit berbohong ke S&F bahwa dia punya skill.

Di saat bersamaan, Haken kelas A+ yang dibayar tinggi bernama Oomae Haruko (Shinohara Ryoko), diminta bekerja di S&F secara khusus oleh sang Bucho (General Manager). Oomae sama sekali nggak pernah senyum, omongannya sinis dan pedas tapi hampir selalu benar, namun selalu mengerjakan pekerjaan dengan tanggung jawab penuh. Haruko mempunyai aturan yang wajib ditaati oleh perusahaan dan tercantum dalam kontraknya yaitu tidak akan memperpanjang kontraknya setelah 3 bulan masa kerja selesai, jam kerjanya dari jam 9 pagi sampe jam 6 sore dengan waktu istirahat makan siang satu jam dan tidak menerima kerja diluar jam kerja atau hari libur. Oomae bisa melakukan pekerjaan apapun dan mempunyai banyak sertifikat, seperti membuat teh atau kopi, berbicara bahasa asing, memasak, mengendarai crane, pelatih anjing, dan lain sebagainya. Kata-kata favoritnya adalah "Sore wa, nani ka?"
Oomae yang bisa dibilang aneh, angkuh dan serba bisa itulah yang bikin keki setengah mati  Shouji Takeshi (Oizumi Yo), karyawan tetap yang baru saja naik jabatan sebagai sales manager. Shouji selalu aja nyari gara-gara dengan Oomae lantaran nggak mau kalah dengan seorang Haken. Bahkan dia membuat julukan khusus untuk Oomae yaitu "Turtleneck" lantaran Oomae selalu memakai baju model turtleneck tiap ke kantor. Dan Oomae pun memanggilnya dengan panggilan "Curly-curl Perm" sambil bilang, ”Sore wa, nani ka?”. Bertolak belakang dengan Shouji, Satonaka Kensuke (Koizumi Kotaro), sahabatnya sekaligus boss Oomae, yang juga baru dipromosikan di divisi yang baru saja dibuka yaitu bagian marketing, justru banyak meminta nasehat dan saran dari Haruko dalam banyak hal terutama pekerjaan di bidang marketing yang baru digelutinya tersebut.

Haken no Hinkaku yang kalo diartikan menjadi Haken's Dignity ini memang bercerita tentang kesenjangan antara Haken dengan full timer tapi dikemasnya dalam bentuk komedi ringan berisi dialog-dialog cerdas yang bikin ngakak dengarnya, minimal nyengir, deh. Di Jepang sendiri, udah menjadi kebijakan umum untuk mengambil tenaga outsourcing (Haken) yang bertujuan mengurangi pembelanjaan di bagian pegawai, namun tidak mengorbankan kinerja perusahaan. Sekarang perusahaan emang banyak yang melakukan hal kayak gitu, sih!. Nah, di sini keliatan banget kalo Haken itu seperti musuh buat para full timer, makanya sering disuruh macam-macam dan kadang nggak berhubungan dengan pekerjaan.
Shinohara Ryoko aktingnya jelas keren abis di sini. Kontras banget dengan karakternya di doramanya yang baru ku tonton kemarin, Last Cinderella. Pelit senyum, deh dia di sini, LOL. Tapi aku suka karakter Oomae yang nggak peduli sama hal-hal nggak penting dan nggak mau disuruh-suruh ngerjain apapun yang bukan merupakan kewajibannya. Andai aku bisa gitu juga di kantor #sigh. Selain itu, Oomae ini punya ritual olahraga ringan sebentar sebelum jam kerja dimulai dan akhirnya seluruh karyawan di divisinya pada ngikut hohoho.. Kalo udah berantem dan adu mulut sama Shoji bikin ngakak dan jadi terkesan childish banget.
Nah, karakter Shoji ini annoying abis, deh! Berbanding terbalik dengan karakter Satonaka. Tapi yang ku suka itu, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nggak ada, tuh karakter yang benar-benar perfect. Seperti Shoji yang kalo dari tampang emang kalah dari Satonaka, tapi dari sisi kecerdasan dan skill dia menang. Shoji sedikit licik, terkadang menghalalkan berbagai cara, agresif, cepat dan kadang nggak punya hati nurani. Satonaka kebalikannya. Di suatu perusahaan, orang-orang seperti Shoji-lah yang akan survive tapi orang-orang seperti Satonaka-lah yang akan disukai di masyarakat. Deshou? Karakternya terasa real, kan?. Oizumi Yo aktingnya keren sebagai Shoji. Rambut keritingnya (entah asli atau palsu) bikin unik, hahaha.. Koizumi Kotaro yang jadi playboy di Attention Please, di sini jadi lelaki naif baik hati. Tapi suka sebel sama karakter Satonaka yang pasrahan gitu #ngamuk.

Nah, satu lagi karakter yang aku nggak suka yaitu Mori Miyuki. Karakternya yang ceroboh itu bikin sebel, deh! Soalnya aku sering banget punya pengalaman nggak enak sama teman yang ceroboh kayak Mori gitu. Tapi sifatnya yang mau aja disuruh-suruh itu, jadi mengingatkan akan diriku sendiri yang nggak bisa nolak kalo diminta tolong sama boss dan rekan kerja, hikss... Aktingnya Kato Ai sih biasa aja, nothing's special!. Selain itu ada juga Katsuji Ryo, Itaya Yuka, Yasuda Ken, Shirota Yu, Shirakawa Yumi, Komatsu Masao, Matsukata Hiroki, Kamiji Yusuke dan lainnya.
Kalo mau tahu gimana kerja di perusahaan yang ada pegawai kontrak dan full timer, bisa nyobain dorama ini. Lewat dorama ini juga, kita dapat melihat dan menilai perbedaan tingkah laku Haken dan full timer, trus melihat cara mereka mengatasi semua masalah dan hubungan sesama teman sekantor. 



I love the quote!!  







 







***

Details

  • Title: ハケンの品格
  • Title (romaji): Haken no Hinkaku
  • Also known as: Haken's Dignity / The Pride of the Temp
  • Format: Renzoku
  • Genre: Drama/Comedy
  • Episodes: 10
  • Viewership ratings: 20.10%
  • Broadcast network: NTV
  • Broadcast period: 2007-Jan-10 to 2007-Mar-14
  • Air time: Wednesday 22:00
  • Theme song: Mienai Hoshi by Nakashima Mika

Cast

Episode Titles

  • Ep 01: To Work is to Live...Super Temp worker Arrives
  • Ep 02: War! Temp worker vs. Full-timers
  • Ep 03: Full-timer's Friendship, Temp worker's Duty
  • Ep 04: Sad Love and Hourly Wage
  • Ep 05: Hourly Wage Invaders vs. "Sea Slug" Senior
  • Ep 06: Tearful Overtime on Valentine's Day
  • Ep 07: Love is Prohibited in the Business Plan Competition!
  • Ep 08: Proposal to a Temp worker!?
  • Ep 09: Super Temp worker's Past
  • Ep 10: Contract Ends!...Super Temp worker's Final Skill

Awards

***DramaWiki





No comments:

Post a Comment