Wednesday, October 31, 2012

Nodame Cantabile (2006)


Nodame Cantabile (2006)



 



Spoiler Alert!!

Setelah baca manga dan nonton animenya, aku akhirnya bisa juga nonton doramanya #mukyaa... Ueno Juri memang paling cocok jadi Nodame. Padahal awalnya aku sebel liat dia, terutama waktu dia main di Rainbow Song dan Summer Time Machine Blues. Dan Tamaki Hiroshi, ough.. so kawaiii #nosebleed. Nggak salah dia dipilih jadi Chiaki Senpai.


Nodame Cantabile mengisahkan tentang dua karakter sentral yaitu Megumi Noda (Nodame) dan Chiaki Shinichi. Keduanya adalah mahasiswa di universitas musik Momogaoka. Chiaki yang jenius dan bisa bermain piano serta biola, ingin menjadi seorang konduktor pemimpin orkestra. Tapi karena dia mengalami trauma naik pesawat dan kapal laut, dia tidak bisa keluar negeri sehingga dia merasa terjebak tetap menetap di Jepang dan tidak bisa bertemu dengan gurunya, Sebastiano Viera




Sedangkan Megumi Noda atau "Nodame" adalah seorang pianis yang sangat berbakat yang bisa bermain piano hanya dengan mendengarkan musiknya karena dia sebenarnya tidak bisa membaca partitur musik. Nodame adalah seorang yang tidak terorganisir, berantakan, jarang mandi dan kamarnya bagai kapal pecah, bahkan kadang-kadang mencuri kotak makan temannya. Sifatnya berlawanan sekali dengan Chiaki.



 

Chiaki dan Nodame bertemu tanpa sengaja ketika Chiaki mabuk di depan apartemennya. Ternyata Nodame adalah tetangganya. Seketika Nodame langsung jatuh cinta (sampe ada adegan gambar "love" muncul di atas kepala Nodame LOL). Sayangnya, Chiaki orangnya sangat angkuh, walaupun tanpa dia sadari dia malah sering membersihkan kamar Nodame atau memasakkan makanan buatnya. Sebenarnya, tipe kayak Nodame itu memang innocent, sih, jadi walau menyebalkan kadang nggak tega liatnya. Mungkin itu kali yang dialami Chiaki. Sampe-sampe tanpa sadar sering keluar ucapan "what am I doing?" dari mulutnya sendiri.

 

  

 

Sebenarnya Chiaki sangat mengagumi bakat Nodame dalam bermain piano. Tapi karena cita-cita Nodame hanya ingin menjadi guru TK, Chiaki menjadi kesal karena Nodame tidak punya ambisi dalam bermain musik. Namun, akhirnya hidup Chiaki berubah sejak bertemu Nodame.


 

Buat yang nggak biasa nonton dorama ala manga, ya mesti agak sabar, ya soalnya emang banyak banget adegan konyol nggak masuk akal khas anime atau manga di sini. Tapi aku, sih malah lebih suka soalnya persis sama manganya. Palingan kalo udah adegan lempar-melempar, mukul, dan kekerasan, keliatan banget boneka penggantinya. 

 


Setiap adegan yang ditampilkan begitu terlihat natural dan setiap scene jadi memorable buatku. Salut buat para pemainnya yang totalitas, baik pemain utama maupun pemain pembantu. Aku paling suka dengan gaya ngomong Nodame - apalagi waktu bilang "gyaboo" atau "mukyaa" yang jadi ciri khasnya - mimik dan gesture Juri pas banget. Tapi Chiakinya kurang sadis, nih! Soalnya di manga dan anime, dia emang sadis banget hohoho. Tapi tetap aja yang pas meranin Chiaki memang cuma Tamaki-kun B-). Dan gara-gara dorama ini aku jadi "selingkuh" sama Tamaki. Gomen nee Kassy #plakk

 


  

Biarpun cuma 11 episode ditambah 2 SP, Nodame Cantabile memang benar-benar dikerjakan dengan matang dan serius. Dua jempol buat sutradara, kru dan pemain dorama ini. Coba, ya shitnetron kita kayak gini!. Yang juga menghibur tentunya musik klasik yang disuguhkan di tiap scene lengkap dengan penjelasannya. Sedikit banyak aku jadi tau tentang musik klasik. Inilah yang aku suka tiap nonton dorama. Bukan hanya menampilkan cerita aja tapi juga memberikan info-info penting dan mengajarkan banyak hal.





Karakter Lainnya

Franz Strezemann (Milch Holstein by Nodame) 
Stresemann alias Milch adalah konduktor ternama yang berasal dari Jerman. Dia pergi ke Jepang untuk bertemu dengan gadis yang dicintainya, namun akhirnya dia malah menemukan banyak bibit-bibit unggul di Momogaoka. Chiaki sempat meragukan Stresemann karena sifat mesum dan anehnya. Stresemann sangat menyukai Nodame dengan bakat terpendamnya. Aslinya, di manga dan anime, Stresemenn adalah orang asing, tapi di dorama ini dimainkan oleh Takenaka Naoto yang asli Jepang. Tapi, justru karena yang main adalah Naoto, Stresemenn malah jadi jauh lebih lucu dibanding anime atau manganya. Apalagi gaya ngomongnya itu, khas banget! Oh ya, sebelumnya Naoto dan Juri pernah main bareng di Swing Girls, lalu Naoto dan Tamaki juga pernah main bareng di Waterboys.


Mine Ryutaro (Violin) 

Mine awalnya adalah seorang pemain biola rock n roll. Tapi sejak bertemu Nodame, dia berubah haluan ke klasik.  Mine yang awalnya sempat suka pada Nodame, akhirnya berteman baik dengan Nodame dan Chiaki. Mine menjadi ketua orkestra S-Oke yang dipimpin oleh Chiaki. Mine akhirnya jatuh cinta dengan Kiyora, ketua orkestra A-Oke. Di manganya, rambut Mine nggak kayak gitu, tapi entah kenapa jadi begitu #hmm... Tapi karena Eita yang meranin, tetap kakkoi kok #plakk


Okuyama Masumi (Timpani)
Masumi yang berambut kribo ini adalah penderita Klaustrofobia. Dia juga fans berat Chiaki #hahh?? seriously? Tapi Masumi adalah pemain timpani yang bagus. Nah, karakter Masumi ini paling ku suka disamping Nodame dan Chiaki, soalnya persis banget sama manganya. Koide Keisuke aku kasi dua jempol, deh meranin karakter Masumi ini. Tiap liat dia berantem sama Nodame untuk memperebutkan Chiaki, pasti bikin ngakak. 


Miki Kiyora (Violin)

Gadis cantik pemain biola ini sangat terobsesi untuk bisa menang di kompetisi biola di luar negeri. Dia adalah ketua orkestra A-Oke. Tapi akhirnya Kiyora mengusulkan pada Chiaki untuk membentuk orkestra sendiri. Dan akhirnya terbentuklah RS-Oke dan Kiyora kembali menjadi ketuanya.


Saku Sakura (Contrabass)
 
Sakura adalah seorang gadis pemain kontrabass yang bergabung di S-Oke. Walaupun badannya mungil dan sering disangka anak SMA, Sakura adalah sosok yang kuat dan pekerja keras. Baru nyadar aku kalo dia yang jadi Sachiko, selingkuhannya Shoji Endo, pacar Nana di Nana. Sempat sebel liatnya waktu dia meranin karakter itu. Yang unik dari Saeko (Sakura) adalah suaranya yang kayak anak kecil.


Kuroki Yasunori (Rising Star: Oboe)
 
Yasunori adalah pemain oboe di RS-Oke. Dia menyukai Nodame yang dianggapnya unik. Tapi karena cintanya bertepuk sebelah tangan, dia pun akhirnya mundur. Ketika di Paris, dia bertemu Tanya dan tertarik pada sosoknya.


Tagaya Saiko (Vocal)
 
Saiko adalah penyanyi seriosa yang juga merupakan mantan pacar Chiaki. Mereka putus karena Saiko capek melihat Chiaki yang loser. Tapi akhirnya Saiko menyesal ketika Chiaki dekat dengan Nodame dan gantian meminta balik pada Chiaki.   


Kikuchi Toru (Rising Star: Cello] 

Dia adalah pemain cello di RS-Oke. Kikuchi terkenal akan ke-playboy-annya disamping prestasinya. Waktu tau Mukai-kun yang jadi Kikuchi Toru, aku jadi histeris. Dia kan hot banget waktu di Beck dan kakkoi waktu di Hachimitsu to Clover.



  

  


  


 





***

Details

  • Title (romaji): Nodame Cantabile
  • Genre: Romantic Comedy
  • Episodes: 11
  • Viewership ratings: 18.8% (Kanto)
  • Broadcast network: Fuji TV
  • Broadcast period: 2006-Oct-16 to 2006-Dec-25
  • Air time: Monday 21:00
  • Opening song: Symphony No. 7 in A major by Beethoven, arranged by Hattori Takayuki
  • Ending song: Rhapsody in Blue by George Gershwin, arranged by Hattori Takayuki 

Casts

  • Ueno Juri as Noda Megumi aka Nodame (Piano)
  • Tamaki Hiroshi as Chiaki Shinichi (Piano/Violin/Conducting)
  • Eita as Mine Ryutaro (Violin)
  • Koide Keisuke as Okuyama Masumi (Timpani)
  • Mizukawa Asami as Miki Kiyora (Violin)
  • Saeko as Saku Sakura (Contrabass)
  • Uehara Misa as Tagaya Saiko (Vocal)
  • Takenaka Naoto as Franz Strezemann (Milch Holstein by Nodame)
  • Fukushi Seiji as Kuroki Yasunori (Rising Star: Oboe)
  • Mukai Osamu as Kikuchi Toru (Rising Star: Cello]
  • Hashizume Ryo as Kimura Tomohito (Rising Star: Violin)
  • Kichise Michiko as Elise



Episode Titles
  • Ep. 01: Rhapsody of the weird pianist vs. the self-centered conductor
  • Ep. 02: An orchestra of failing freaks! The start of trouble!?  
  • Ep. 03: The puny orchestra's in a pinch!! Can love rescue the poor?
  • Ep. 04: A successful kiss!? The moving battle of a regular perfomance!!  
  • Ep. 05: Goodbye Maestro! The love battle of school festival orchestras!! 
  • Ep. 06: Goodbye S Orchestra!! A tearful farewell ceremony and a two-piano performance of love!  
  • Ep. 07: The start of a new orchestra! A storm on the horizon for a romance passing by!? 
  • Ep. 08: The first battle for a new orchestra! A romance that wavers in overcoming trauma  
  • Ep. 09: Competition vs. studying abroad! Could the decision mean farewell!? 
  • Ep. 10: A competition of ups and downs! A final chapter of confession and tears!! 
  • Ep. 11: Goodbye Nodame!! A tearful Christmas performance


***source: DramaWiki



~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Nodame Cantabile Shinshun Special in Europe (SP)




Di SP (special) dua episode ini, dikisahkan Nodame dan Chiaki ke Eropa. Chiaki dan Nodame satu apartemen dengan Tanya yang berasal dari Rusia dan Frank yang seorang otaku. Di episode pertama, lebih difokuskan ke Chiaki yang semakin sering mengadakan konser di Eropa dan Jepang untuk meraih mimpinya menjadi seorang conductor, sedangkan Nodame yang masuk conservatory harus belajar keras lagi agar bisa menggapai mimpinya berkolaborasi dengan Chiaki suatu hari nanti. Di episode kedua, kerja keras Nodame membuahkan hasil dan dia diberi kesempatan untuk mengikuti mini recital. 


Vishnyova Tanya
Tanya adalah teman Nodame ketika di Paris. Dia juga seorang pianis. Pada awalnya dia sangat menyukai Chiaki dan dengan segala cara menarik perhatian Chiaki. Tapi akhirnya dia malah tertarik dengan Yasunori yang awalnya sempat dipandangnya sebelah mata. Awalnya ku kira si Becky beneran orang bule, eh taunya blasteran. Pantasan aja ngomong Jepangnya lancar abis.


Lantoine Frank

Frank juga teman Nodame ketika di Paris. Frank sama seperti Nodame, yaitu seorang otaku sehingga rasa cintanya pada Nodame terkalahkan dengan ke-otaku-annya. Nah, ini juga ku kira bule, ternyata Wentz Eiji ini juga setengah Jepang, setengah bule.


Son Rui

Son Rui adalah seorang pianis terkenal yang berkolaborasi dengan Chiaki. Rui menyukai Chiaki dan dengan segala cara menarik perhatian Chiaki. Nodame jadi cemburu berat pada Rui. Dia juga cemburu karena Chiaki dan Rui bermain bersama dalam sebuah konser. Kalo yang ini ku kira artis Cina beneran, ternyata oh ternyata asli Jepang, bookk!




 

  








***

Details
  • Title (romaji): Nodame Cantabile Shinshun Special in Europe
  • Episodes: 2
  • Viewership ratings: 18.9 (1st), 21.0 (2nd)
  • Broadcast period: 2008-Jan-04 and 2008-Jan-05
  • Air time: Friday, Saturday 21:03
  • Theme songs:
    • Opening theme: Symphony No. 7 by Beethoven, arranged by Hattori Takayuki
    • Ending theme: Rhapsody in Blue by George Gershwin, arranged by Hattori Takayuki

Casts

  • Ueno Juri as Noda Megumi aka Nodame
  • Tamaki Hiroshi as Chiaki Shinichi
  • Eita as Mine Ryutaro
  • Mizukawa Asami as Miki Kiyora
  • Koide Keisuke as Okuyama Masumi
  • Wentz Eiji as Lantoine Frank
  • Becky as Vishnyova Tanya
  • Yamaguchi Sayaka as Namiki Yuko
  • Giry Vincent (ジリ・ヴァンソン) as Jean Donnadieu
  • Ishii Masanori as Katahira Hajime
  • Fukushi Seiji as Kuroki Yasunori
  • Takenaka Naoto as Franz Stresemann
  • Kichise Michiko as Elize
  • Yamada Yu as Son Rui


***source: DramaWiki











3 comments:

  1. wah akhirnya saya nemu blog yang suka Nodame juga. saya boleh tau, kamu nonton yang nodame cantabile special dimana? aku udah selesai yang Live action, tinggal yang nodame cantabile in Europe sama the movie part 1 dan part 2. aku mau tau. aku minta tolong kamu jawab... terimakasih, kamu bisa kabarin saya di email saya : cacaandro@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Download.. filenya kayaknya masih ada di idws.. coba cari aja
    Thanks udah mampir :)

    ReplyDelete
  3. Aku baru-baru ini juga lagi doyan lihat live action nodame di youtube :D Salut sama Ueno, beneran berbakat :D Suka sama reviewnya. Thanks :D

    ReplyDelete